Senin, 13 Agustus 2012

Tanaman Unik Di Dunia

1. Rafflesia Arnoldi "Bunga Terbesar Di Dunia"





Siapa yang tidak kenal dengan tumbuhan yang satu ini? Ya tumbuhan ini adalah Rafflesia Arnoldi. Tanaman ini tergolong 16 spesies genus rafflesia. Genus Rafflesia ialah golongan yang diketahui hanya dapat ditemukan di wilayah Indonesia, dan Malaysia. Rafflesia Arnoldi belakangan dimasukkan ke dalam famili euphorbiaceae. Sebab, ia dapat berdiameter hingga 1 meter dengan berat mencapai 7-11 Kg. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan parasit obligat yang terkenal akan kebesaran dari bunga tersebut, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Tumbuhan ini ditemukan oleh Dr Joseph Arnold ketika mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles, dan ditemukannya tumbuhan ini pada tahun 1818 di Indonesia, tepatnya di Bengkulu. Tanaman tersebut sangat eksotis dan langka. Namun, warnanya kurang cantik dan berbintik. Bunga ini akan mekar dalam waktu 3 hari hingga seminggu. Pada saat bunga tersebut mekar, Rafflesia mengeluarkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu bunga ini dinamakan 'Bunga Bangkai'.

2. Welwitschia Mirabilis "Tanaman Dengan Daya Tahan Luar Biasa"





Tanaman ini dinobatkan sebagai Tanaman Dengan Daya Tahan Luar Biasa Dikarenakan tanaman ini dapat hidup sampai 400-1500 tahun dan tidak akan mati walaupun tidak ada hujan selama 5 tahun. Tanaman ini mencapai lebar 8 m dan tinggi 2 m. Tanaman yang berasal dari Namibia ini jika dimasak atau dimakan mentah, akan menyengat ke lidah. Karenanya, tanman inijuga diberi nama onyanga atau bawang gurun.

3. Baobab " Si Pohon Botol "





Pohon ini dinamakan sebagai pohon botol karena bentuknya yang mirip seperti botol. Selain bentuknya yang mirip botol, kapasitas pohon ini juga hampir sama seperti botol, yaitu mampu menampung air sekitar 300 liter. Pohon ini berasal dari Madagascar. Tidak heran jika pohon ini dapat berumur hingga 500 tahun.

4. Dracaena Cinnabari " Pohon Darah Naga "





Pohon ini sering disebut orang - orang atau penduduk sekitar Pohon Darah Naga dikarenakan getah pohon ini merah. Getah pohon tersebut dapat digunakan sebagai obat atau bahan pewarna celup. Pohon ini berasal dari Kepulauan Socotra. Pohon ini merupakan salah satu pohon teraneh di kepulauan Socotra karena bentuknya seperti payung. Pohon ini pertama kali dikenalkan ke publik oleh Isaac Bayley Balfour pada tahun 1882. Jika diperhatikan pohon ini pernah menjadi salah satu icon di windows sebagai icon network.

5. Mimosa P. Dica " Putri Malu "





Siapa yang asing dengan tumbuhan satu ini ? Ya tumbuhan ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan putri malu. Tumbuhan ini dinamakan putri malu dikarenakan ketika tanaman ini disentuh maka daun-daun akan menguncup dan membuka lagi dalam selang beberapa menit kemudian. Tanaman ini sepertinya memiliki perasaan. Tanaman ini tidak aneh sebenarnya. Sebab, banyak ditemukan di daerah tropis dan juga di Amerika Selatan serta Tengah.

0 komentar:

Posting Komentar